Rabu, 09 Desember 2009

Java 2 Platform

Java API

Java Application Programming Interface (Java API)

Java API merupakan komponen-komponen dan kelas Java yang sudah jadi, yang memiliki berbagai kemampuan. Kemampuan untuk menangani objek, string, angka dan sebagainya

1. Applet

Java Applet merupakan program Java yang berjalan di atas browser. Penggunaan applet ini akan membuat halaman HTML lebih dinamis dan menarik.

2. Java Networking

3. Java Database Connectivity (JDBC)

JDBC API terdiri atas class dan interface yang ditulis dalam bahasa Java untuk sebagai alat bantu bagi pembuat program (developer) dan menyediakan sekumpulan API untuk mengatur keamanan mengakses database seperti Oracle, MySQL, PostgreSQL, Microsoft SQL Server. Jadi keunggulan API JDBC dapat mengakses sumber data dan berjalan pada semua Platform yang mempunyai Java Virtual Machine (JVM).

4. Java Server Pages (JSP)

JSP adalah suatu teknologi web berbasis bahasa pemrograman Java dan berjalan pada platform Java.. JSP merupakan pengembangan dari Servlet serta merupakan bagian dari teknologi Java 2 Platform Enterprise Edition (J2EE).

5. Java Card


· Java 2 Platform, Standard Edition (J2SE™) Platform digunakan untuk menjalankan dan mengembangkan aplikasi Java pada level PersonalComputer (PC). Platform ini berisi class-class inti pada Java dan Graphical User Interface (GUI).

· Java 2 Platform, Micro Edition (J2ME™ ) Platform ini digunakan untuk menjalankan dan mengembangkan aplikasi-aplikasi Java pada handheld devices atau perangkat-perangkat semacam handphone, Personal Digital Assistance (PDA) dan PocketPC.

· Java 2 Platform, Enterprise Edition (J2EE ) Platform ini berupa paket yang berisi class-class dan interface-interface yang digunakanuntuk menjalankan dan mengembangkanaplikasi Java berbasis web, seperti class-classServlet, Java Server Pages (JSP) dan Enterprise JavaBeans (EJB) serta Java CORBA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar